Resensi Novel Har’s and She’s Diaries


Judul buku : Har’s and She’s Diaries
Pengarang : Denny Prabowo & Muktiar Selawati
Penerbit : Hikmah
Kota Tempat Terbit : Jakarta
Tahun Terbit : 2006
Cetakan : Pertama, Februari
Tebal : 143 Halaman

Banyak pengarang sering kali mendapat inspirasi dari kehidupan nyata. Apalagi dengan kejadian-kejadian yang sering kali terjadi di masyarakat. Dipadukan dengan imajinasi dan kreatifitas pengarang,bisa menjadikan suatu karya yang menanjukkan dan dapat dinikmati. Imajinasi para pengarang juga sering kali membuat cerita semakin menarik meskipun,karangannya sudah sering terjadi di kehidupan nyata.
Novel Har’a and She’s Diaries menceritakan tentang Persaudaraan. Suami istri itu mempunyai anak kembar yang bernama Hard and She. Tapi kedua orang tuanya bercerai. Dua anak itu harus berpisah dengan terpaksa, Har ikut ayahnya dan She ikut dengan bunda . Sebelum berpisah She memberikan buku diariesnya pada Har saudaranya. Sebagai pengingat dan pengobat rasa rindu bila mereka tidak bertemu. Setelah beberapa bulan mereka berpisah orang tua mereka masing-masing pindah luar kota. Tapi setelah tujuh tahun berpisah barulah Har menulis pada diari yang diberikan She,dia merasa sangat rindu pada She dan bundanya. She juga sama seperti Har,dia juga tidak menulis diari setelah tujuh tahun. Setelah membeli diare baru She menulis lagi,itu karena dia merasa rindu pada saudaranya yatu Har. Mereka selalu berharap bertemu lagi dan bisa menjadi keluarga yang utuh lagi.
Inti dari cerita ini adalah dua anak yang terpisah dari orang tuanya karena perceraian. Dua orang anak itu menjadi korban dari sebuah perceraian. Novel ini banyak berisikan ungkapan-ungkapan anak pada ibunya. Ini yang sering terjadi pada anak yang menjadi korban orang tua yang bercerai. Dalam novel ini sangat menggambarkan penderitaan yang terjadi pada anak-anak yang menjadi korban perceraian orang tuanya. Hari-hari yang dijalani anak-anak korban perceraian sangatlah memilukan.
Bakat yang dimiliki pengarang menjadi suatu penunjang yang sangat penting pada novel ini. Sehingga banyak peristiwa-peristiwa di novel ini semakin menarik. Novel ini juga didalamnya diselingi dengan banyak peristiwa lucu. Selain itu novel ini juga membantu kita menambah pengetahuan agama. Contohnya suatu peristiwa di dalam novel ini mengingatkan kita berhati-hati dalam menjalani hidup agar tidak terjebak syirik.
Alur cerita novel ini sederhana tapi mudah dipahami. Dari gaya bahasa yang digunakan mudah dipahami. Sehingga pembaca bisa mengikuti cerita yang ditulis pengarana tanpa harus berfikir terlalu keras. Karena kadang ada pembaca yang tidak suka novel yang serius. Dan banyak juga pembaca yang ingin membaca untuk mencari ketenagan. Novel ini patut di baca oleh banyak orang karena akan banyak manfaat yang diperoleh.
Sudut pandang pada novel ini menggunakan sudut pandang orang pertama, sedangkan gaya bahasa yang digunakan pada novel ini adalah gaya bahasa yang menarik dan mudah di mengerti oleh pembacanya. Latar cerita tersebut banyak terjadi di rumah mereka berdua.
Kelebihan dari novel ini adalah novel ini mudah untuk di mengerti, namun kekurangan dari novel ini adalah gaya bahasanya yang kurang baku, gaya bahasa dalam novel ini menggunakan gaya bahasa jaman sekarang, jadi kebanyakan menggunakan bahasa modern.
Kesimpulannya, dari hasil pengamatan di novel ini, dapat di simpulkan bahwa buku ini layak di baca oleh para remaja. Sebaiknya novel ini bahasanya lebih baku, agar lebih paham dan lebih mudah lagi di mengerti.
Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar